Selasa, 04 Januari 2011

SOLUSI HP TIDAK MAU NGE-CHARGE(NO CHARNGING)

Gejala yang sering muncul adalah sebagai berikut: Ketika HP terkoneksi dengan charnger, tidak ada indikasi bahwa charnge sedang di lakukan. Ketika HP terkoneksi dengan charnger,muncul tulisan”NOT CHARGING”.SOLUSI TIDAK MAU CAS/
  SOLUSI HP TIDAK MAU CHARNGE  
 Ceklah terlebih dahulu charnger Anda,apakah rusak atau tidak?Coba pinjam charnger untuk handpone dengan type yang sama. Jika mau nge-charnge berarti charnge anda yang rusak,segera beli yang baru. 
 • Jika charnger milik teman teman Anda tetap tidak bisa,maka cekarang cobalah periksa batu baterai Anda.Bila perlu pinjam milik teman,apakah dengan batu baterai dan charnger milik teman bisa di jalankan dui HP anda.Jika bisa, berarti baterai Anda yang rusak. 
 • Akan tetapi, Jika masih tetap tidak bisa maka bisa jadi kerusakan pada bagian software atau hardware(inti). Silakan lakukan flasing HP Anda. Jika belum berhasil maka firmware HP Anda yang bermasalah. 
 • Jika tetap tidak bisa coba cek konektor batu baterai,mungkin saja konektornya patah, atau tertutup korosi. Bersihkan dengan setip. Atau solder konektor_nya (pada Nokia 3210). 
 • Jika belum berhasil coba cek plug in pada bawah HP. Bagian ini jarang sekali di perhatikan,biasanya kerusakan bisa di sebabkan oleh pemakai yang salah dalam memasukkan charnge ke plug in, sehingga bagian plug in yang menonjol akan rusak terdorong ,BENGKOK).Akibatnya proses charnging mengalami kegagalan.Gantilah plug in dengan yang baru. 
 • Coba lakukan pengecekkan charnging interface HP karena biasanya kering/kotor, Padahal pad inilah yang berhubungan pada plug in tadi.bersihkan dengan setip. 
 • Jika belum berhasil,Coba Anda cek fuse/sekring (komponen kecil bertulisan “K”). Kerusakan ini di sebabkan oleh tidak stabilnya Tegangan maupun arus listrik yang masuk kje HP. Biasanya di karenakan menggunakan cas yang non original dari vendornya atau bisa juga dari PLN yang listrinya down .solusinya adalah dengan mengganti komponen fuse/sekring ini. 
 • Jika belum berhasil, coba anda cek dengan multitester Mulai dari charnging interface menuju ke IC charnge dan IC Ccont.Apakah pad putus jalur atau korsleting. Jika putus jalur ,lakukan jumper. Jika ada konsletting ,Cari komponen yang mengalami korsletting dan gantilah komponen tersebut. 
 • Jika tidak ada putus jalur konsletting, coba panasi/ganti IC charnge. 
 • Jika IC charnge normal ,Coba panasi /ganti IC power
 • Jika belum berhasil berarti kemungkinan CPU rusak
dan jangan luppa coment di bawah ini yach kalau habis membaca

 By:ENGCELL

3 komentar:

  1. gan kalo semua komponen normal ,langkah selanjut nya apa?







    matur nuwun sebelumnya gan,,,,,,,,

    BalasHapus
  2. berapa harga kalau mau ganti konektor hapenya min? Website Gratis

    BalasHapus
  3. nice infonya gan, utk alat servicenya pakai https://cody.id/ CODY ya gan?

    BalasHapus